NAMA KELOMPOK :
-Maria
Ulfah 24211295
-Catrine
Christin 21211592
-Chriselda
Destio 27211786
-Farah
Rizki Annisa 22211696
-Kurnia
Agustin 28211697
KELAS
: 1EB20
TUGAS MINGGU 2 :
- JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA) UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI !
- BERILAH MASING – MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT !
- SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN !
- JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN !
- APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN !
- JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH !
1.
Cara
mendirikan UKM dengan memperhatikan faktor produksi, langkahnya adalah :
·
Memiliki Modal
yang cukup untuk mendirikan UKM, modal dapat berupa barang atau uang yang
mempengaruhi faktor produksi itu sendiri. Tanpa modal, UKM tidak dapat berdiri.
·
Memiliki Tenaga
Kerja untuk mendirikan UKM, tenaga kerja yange terampil, terdidik, atau pun
tenaga kerja yang tidak mempunyai keterampilan. Karena tenaga kerja sangat
berpengaruh terhadap pendirian UKM. Tanpa tenaga kerja, UKM tidak dapat
berjalan lancar.
·
Menentukan
Ide Metode atau Konsep Kewirausahaan, karena Ide Metode atau Konsep
Kewirausahaan yang akan menjadi acuan kita dalam mendirikan UKM. Tanpe kedua
itu, kita tidak tahu apa yang akan kita lakukan.
·
Dan yang
terakhir adalah, Melihat Peluang Pasar. Karena dengan kita tahu peluang pasar
itu sendiri, kita akan lebih mudah dan lancar dalam mendirikan UKM. Karena
peluang pasar lah yang akan membuat kita tahu tentang apa yang dibutuhkan
masyarakat pada saat ini. Sehingga kita pun dapat mempertimbangkan produk apa
yang kita produksi dalam UKM yang kita miliki.
2.
5
Contoh Rill perusahaan berdasarkan letak dan tempat adalah :
Lokasi/letak
perusahaan terikat pada alam.
2) Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah.
3) Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
4) Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi.
5) Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan Internasional.
2) Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah.
3) Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
4) Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi.
5) Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan Internasional.
3. Tujuan
perusahaan dibagi menjadi 2 yaitu tujuan ekonomis dan tujuan sosial.
1. Tujuan ekonomis adalah perusahaan ingin
mendapatkan laba, pelanggan, pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal
produk, kualitas, harga, kuantitas,dan inovatif yang sangat tinggi untuk
perusahaan itu sendiri.
2. Tujuan sosial adalah keinginan investor,
karyawan, dan penyedia faktor-faktor produksi bagi masyarakat.
4.
Lingkungan Internal Perusahaan adalah lingkungan
yang terdapat didalam perusahaan itu sendiri yang memiliki
2 variabel, yakni kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness). Mencakup semua
unsur bisnis yang ada di dalam suatu perusahaan seperti struktur oganisasi
perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya perusahaan.
Lingkungan Eksternal
Perusahaan adalah lingkungan yang terdapat diluar perusahaan. Yang memiliki 2 variabel, yakni peluang (opportunity) dan
ancaman (threats). Mencakup 2 bagian, yaitu lingkungan tugas dan tugas umum.
5.
Ekologi
: pencemaran udara,air,sampah.
Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll.
Sosial : kriminalitas,pengangguran.
Politik : pertahanan keamanan.
Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan.
6. Producer oriented approach : produsen yang
berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
Consumer oriented
approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan
jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar